Jumat, 13 April 2012

Memilih Sepatu yang Pas untuk Jalan Kaki


 

Agar jalan kaki terasa lebih menyenangkan, kita perlu mengenakan sepatu yang nyaman di kaki.
Ada dua kesalahan yang sering kita lakukan ketika memilih sepatu olahraga. Pertama, salah membeli. Steve Cooper, pelatih olahraga dan pakar dalam penanganan athlete foot mengungkapkan kalau rata-rata wanita keliru dalam membeli sepatu olahraga. Ukurannya terlalu pas di kaki. Walhasil, sepatu terasa menekan bagian ujung-ujung jari kaki. Hal ini dikarenakan ketika membeli, kita hanya terpaku pada nomor sepatu yang kita kenakan sehari-hari tanpa mencoba lagi dengan lebih teliti. Padahal, ukurannya bisa saja agak berbeda sehingga perlu teliti mencoba lebih dulu. Kedua, kita kurang paham kapan waktu yang tepat untuk mengganti sepatu lama. Biasanya terus kita simpan dan kenakan selama tampilannya masih bagus dan layak pakai. Menurut Steve, sebaiknya tinggalkan segera kebiasaan ini untuk kenyamanan dalam berolahraga.
Lebih lanjut, Steve mengemukakan ada beberapa tanda yang bisa kita kenali sebagai petunjuk kalau ‘waktu pensiun’ sepatu lama sudah tiba. 

1. Perhatikan bagian mid-sole
Mid-sole atau sol bagian tengah akan kusut dan berkerut jika sudah lama dipakai berjalan. Untuk memastikan seberapa banyak kerut atau kusutnya, coba pegang bagian tengah sepatu dengan kedua tangan, lalu tekan seperti sedang memeras baju. Banyak kerutan menunjukkan kalau busa sol sudah menipis atau kehilangan fleksibilitas dan elastisitas. Jika kita tetap memaksakan diri untuk tetap mengenakannya, maka kita perlu waspada akan risiko hentakan yang bisa langsung mengenai sendi saat kaki melangkah atau menyentuh permukaan tanah atau lantai yang tak rata.

2. Tekuk atau lipat telapak sepatu bagian depan
Tujuannya untuk memeriksa apakah sepatu masih tetap lentur atau tidak. Jika kita masih bisa melipatnya dengan mudah dan setelah dilipat sepatu segera kembali ke bentuk awal, maka itu artinya kondisi sepatu masih baik.

3. Periksa selalu kaki kita
Coba rasakan apakah usai berjalan, kaki justru mengalami perih atau merasa tidak nyaman? Baik di telapak kaki, lutut atau bagian lainnya? Jika ya, bisa jadi penyebabnya karena sepatu. Segeralah berganti sepatu baru tapi jangan buru-buru dalam memilih dan mencoba. (Intansari Boenarco)

Sumber : http://preventionindonesia.com/article.php?name=/memilih-sepatu-yang-pas-untuk-jalan-kaki&channel=fitness%2Fwalking