Rabu, 11 April 2012

Berenang olahraga yang baik untuk penderita asma


Sedikit tips memilih olahraga yang aman untuk penderita asma atau sesak nafas. Asma atau sesak napas bisa mengakibatkan kerja otot-otot saluran napas tidak seimbang satu sama lain. Untuk menguatkan dan menyeimbangkannya, pengidap asma disarankan untuk berolahraga.

Berenang merupakan olahraga yang cocok untuk pengidap asma atau sesak nafas karena berenang mampu mencegah saluran nafas menjadi kering dan teriritasi.

Kelembapan udara pada permukaan air umumnya cukup tinggi mencapai 94 persen,sehingga bias mencegah penguapan (water loss) dari paru-paru Berenang, adalah kombinasi dari olahraga cepat yang butuh energi tinggi dan olahraga ketahanan yang butuh energi rendah.

Posisi tubuh saat berenang memungkinkan beban sirkulasi paru berkurang. Tekanan di dalama air dapat mengontrol irama pernapasan. Misty Hyman, perenang asal Phoenix, Amerika Serikat, yang meraih medali emas dalam Olimpiade Sydney 2000 adalah pengidap asma.

Senam asma bermanfaat untuk melatih otot-otot pernapasan agar lentur dan kuat. Bila otot-otot ini terlatih, pengidap tak akan mengalami keadaan yang payah bila menghadapi serangan. Sebaliknya penderita akan mampu mengontrol penyakitnya dengan baik.

Dengan senam asma, pengidap juga akan terlatih bernapas dengan benar, mudah batuk dan mengeluarkan dahak, stamina fisik pun makin baik. Senam asma sebaiknya dilakukan secara teratur dan sesuai petunjuk. Bila tidak, justru yang terjadi sebaliknya.
Serangan bisa bertambah berat dan bisa timbul pneumo-toraks atau kempes paru.

Untuk mencapai hasil efektif, penderita mesti bersenam sebanyak 3-4 kali seminggu. Tiap kali senam cukup 30 menit, termasuk pemanasan dan pendinginan. "Mereka yang sudah terlatih bisa melakukan hingga 50-60 menit. Hasilnya akan tampak dalam 6-8 minggu," katanya.

Senam tidak boleh dilakukan bila penderita sedang kena serangan, kondisi kesehatannya menurun misalnya karena flu, kurang tidur atau baru sembuh dari sakit. Penderita gagal jantung yang juga pengidap asma tidak diizinkan bersenam asma.

Akan lebih efektif lagi bila melakukan senam asma di pantai. Udara pantai yang bersih bisa mengurangi serangan sekaligus melatih otot-otot saluran pernapasan. Pegunungan juga berudara bersih, tetapi kurang baik bagi pengidap asma karena dingin dan bisa memicu serangan.

Joging merupakan salah satu olahraga yang tidak diizinkan,karena mudah sekali mencetuskan serangankarena ojogging membutuhkan tenaga ekstra, padahal orang yang mengidap asma tidak memungkinkan untuk mengikuti olahraga semacam ini.

Dan ada pula olahraga lain yang tidak disarankan untuk orang pengidap asma antara lain :lari, tennis,bulutangkis,sepakbola,treadmill dan bersepeda.

Selamat berolahraga dan semoga sehat selalu.….
 
Sumber :  http://aviscena-ary.blogspot.com/2010/02/berenang-olahraga-yang-baik-untuk.html