Jumat, 04 Mei 2012

Mau Panjang Umur? Rajinlah Sikat Gigi!

Mau Panjang Umur? Rajinlah Sikat Gigi!
Peduli terhadap kesehatan gigi dan gusi dapat menurunkan risiko terjangkit penyakit lainnya. Pemeriksaan rutin ke dokter gigi, selain gigi menjadi bersih, kesehatan mulut terjaga, ternyata bisa menambah umur.

Penasihat British Dental Association, Profesor Damien Walmsley, mengatakan,”sebagian besar kasus penyakit sebenarnya dapat dicegah dan diobati melalui perawatan gigi dan gusi.”
Penyakit jantung dan stroke
Tim peneliti di New York State University menunjukkan bahwa pengobatan terhadap penyakit periodontal (gusi bengkak) dapat menurunkan tingkat protein dan fibrinogen, sehingga berhubungan dengan risiko tinggi penyakit jantung.

Bakteri yang terdapat pada gusi bengkak dapat masuk ke dalam aliran darah lalu masuk ke organ utama yang menyebabkan adanya infeksi baru. Penyakit ini dapat meningkatkan risiko penyumbatan arteri sehingga berisiko memunculkan penyakit jantung maupun stroke.

Penyakit paru-paru
American Academy of Periodontology, menemukan bahwa bakteri mulut bisa masuk ke paru-paru sehingga menyebabkan terjadinya infeksi terutama pada pasien yang mengidap penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Diabetes
Tim peneliti di Universitas Newcastle, Australia, menyatakan bahwa radang periodontal dapat mengacaukan kadar gula darah sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Sikatlah gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, batasi asupan makanan dan minuman bergula, hentikan merokok serta rutin melakukan kontrol ke dokter gigi sehingga Anda dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Sumber : http://www.sehatnews.com/2012/04/20/mau-panjang-umur-rajinlah-sikat-gigi/