Selasa, 06 November 2012

EDISI 1001 ( Inilah Post Saya Yang ke-1001) di Blog kodaiIQFA

Buah dan 1001 Manfaatnya

buah, juice, sari, buah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah-buahan mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Dengan begitu kayanya tanah di Indonesia, ragam dari buah-buahan juga bisa begitu banyak dijumpai dan dijadikan pilihan untuk menunjang kesehatan tubuh. Para ahli nutrisi pun setuju dengan mengkonsumsi buah secara rutin setiap harinya.
Ada banyak cara untuk menikmati buah, mulai dari memakannya secara langsung dalam kondisi segar, dijadikan jus lalu dikreasikan sesuai selera, ataupun dengan sari buah yang biasa disajikan dalam bentuk minuman kemasan.

Seorang pakar nutrisi, Emilia E. Achmadi, mengatakan bahwa mengkonsumsi buah sebaiknya dijadikan sebagai kebutuhan, bukan hanya sebuah pilihan.

“Saat ini masyarakat sudah mengerti tentang manfaat positif dari buah bagi tubuh mereka. Oleh karena itu, di Negara berkembang seperti di Indonesia ini seharusnya kita mengonsumsi 7-15 porsi buah setiap harinya. Namun yang sangat disayangkan adalah, dengan banyaknya aktivitas atau keterbatasan lainnya, beberapa dari mereka tidak sempat mengonsumsi asupan buah ini dalam kesehariannya,” ujar Emilia pada acara Buavita ‘Does You Good’ Temukan 1001 Manfaat Buah, Rabu (9/5).
Emilia pun menjelaskan, fakta telah menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah memiliki banyak manfaat dan kebaikan. Seperti apel yang mengandung serat, vitamin, dan mineral yang membantu untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Jambu biji juga kaya akan Beta Carotene yang membantu mempertahankan kondisi kulit, vitamin B1 dan B2 yang terkandung di dalam buah Anggur membuat aktivitas lebih berenergi.

Jeruk yang mengandung banyak air dan kandungan tinggi vitamin C dapat membuat tubuh menjadi segar dan membantu untuk mencegah dehidrasi. Mangga yang kaya akan potassium dan vitamin C juga dapat membantu tubuh dan pikiran tetap prima. Hampir dari seluruh buah tersebut mengandung anti oksidan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Dengan begitu banyaknya manfaat dari buah-buah yang mudah didapatkan tersebut, seharusnya masyarakat menjadikan buah menjadi sebuah kebutuhan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Namun jangan menyajikan buah dengan cara dimasak. Karena komposisi dari vitamin B kompleks dan C pada buah sangat tidak kuat dengan panas dan paparan cahaya. Jadi, semakin lama buah dipanaskan maka semakin banyak pula nutrisi yang hilang.

Menurut Emilia, pada dasarnya mengonsumi buah dalam keadaan masih segar memang lebih baik. Karena dengan memakan buah, kita menggerakan rahang untuk mengunyah dan lambung mengolah makanan. Itu berarti kita meminta tubuh untuk mulai aktif meningkatkan metabolisme.
Dengan gaya hidup sekarang ini, bagi mereka yang tidak memungkinkan untuk mengonsumsi buah dalam porsi yang cukup, jus adalah pilihan yang baik. Emilia juga menganjurkan untuk mengkombinasikan antara buah dan jus. Namun masyarakat perlu berhati-hati untuk memilih jus, karena tingginya kadar gula yang terdapat di dalam jus. Namun hal itu tidak perlu terlalu ditakutkan, karena gula juga dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi.

Bagi Anda yang terlalu sibuk dan tidak sempat untuk mengonsumsi buah ataupun membuat jus, Anda bisa memilih Buavita sebagai alternatif lain. Karena sari buah dan kandungan lain yang digunakan dalam produk tersebut sudah ditakar berdasarkan anjuran dari para ahli nutrisi. Sehingga Anda pun bisa menikmati manfaat dari buah tanpa harus repot dan takut akan gula yang berlebih.




1001 Manfaat Puasa Senin dan Kamis

Apa yang ingin Anda dapatkan dalam hidup? Hidup senang di dunia, dan bahagia di akhirat? Pasti. Sehat wal afiat dan jauh dari penyakit? Pasti juga. Mau awet muda? Siapa yang tak mau. Mau lebih cantik atau tampan? Sebagian besar orang pasti mengejarnya. Untuk mendapatkan semua itu dan sederet manfaat lainnya, cukup hanya melakukan satu hal, yaitu berpuasa pada hari Senin dan Kamis secara rutin. 

Ternyata, selain menjadi anjuran dalam Islam, berpuasa memiliki manfaat yang luar biasa dan beragam. Nabi Muhammad rutin melakukan ibadah puasa Senin Kamis. Itulah sebabnya, puasa jenis ini dihukumi sunah. Sebagian umat Islam di seluruh dunia mengikuti sunnah tersebut.

Beragam Manfaat 

Manfaat puasa Senin Kamis tentu saja secara spiritual, yaitu mendapatkan pahala. Namun, selain itu terdapat beragam manfaat lainnya, salah satunya dari sisi kesehatan. Sejumlah pakar menyebutkan puasa dapat membantu menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental. 

Sebut saja misalnya proses pembersihan badan, khususnya alat pencernaan dan detoksifikasi racun. Menurunkan tekanan darah dan kadar lemak. Bukankah ini masalah kesehatan manusia zaman sekarang? 

Puasa pun bermanfaat untuk menjaga agar kita selalu awet muda. Karena, puasa bisa menghambat proses penuaan sel-sel dalam tubuh. Alhasil, fisik kita terlihat lebih segar. 

Selain itu, puasa juga bisa menjadi alat pengendali nafsu seks. Jangan salah, nafsu seks tak terkendali bisa membahayakan. Itulah gunanya puasa Senin Kamis yang akan menjadi pengatur ritme dan mengendalikan nafsu hewani tersebut. Sehingga, kehidupan seks Anda akan lebih baik.


Penemuan Terbesar 

Seorang dokter ahli asal Rusia, dr. Yuri Nikolayev menganggap puasa sebagai penemuan terbesar dalam bidang kesehatan. Menurutnya, puasa mampu membuat seseorang menjadi awet muda dan sehat secara fisik, mental, dan spiritual. Bahkan, sebuah lembaga di Amerika Serikat menyebutkan puasa sebagai cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik perempuan secara alami. Mau?
Berikut merupakan daftar beberapa manfaat puasa Senin-Kamis.
  1. peremajaan sel kulit 
  2. mengencangkan kulit 
  3. detoksifikasi racun dalam tubuh 
  4. memberi waktu istirahat untuk organ pencernaan 
  5. menurunkan tekanan darah 
  6. menurunkan kadar lemak (kolesterol) 
  7. menghambat proses penuaan (awet muda) 
  8. memperindah dan mempercantik kaum wanita secara alami 
  9. menenangkan jiwa dan perasaan 
  10. mampu mengendalikan nafsu seks dengan lebih baik 
  11. memacu jiwa empati terhadap sesama 
  12. menimbulkan rasa solidaritas terhadap kaum miskin
Jadi, banyak sekali bukan manfaat puasa Senin-Kamis? Dari berbagai pengalaman hidup muslim yang sukses, ternyata sebagian besar dari mereka adalah pelaku rutin ibadah puasa Senin Kamis. Selain dapat pahala berlimpah, hidup menjadi lebih tenang, peluang sukses terbuka lebar, plus mendapatkan efek samping manfaat yang beragam. Mau apa lagi?
 
 
 
 

1001 Manfaat Kopi

 
Kafein dalam kopi memang terkenal tidak baik bagi kesehatan. Namun, ada beberapa hal menarik tentang manfaat kopi bagi kesehatan Anda yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya.

Meskipun minum kopi secara berlebihan bisa meningkatkan kadar hormon stres kortisol dan mendorong ketergantungan pada kafein, berikut ini 10 daerah di mana konsumsi kopi mungkin bermanfaat jika Anda membatasi krim dan gula pada kopi tersebut, seperti dilansir
Livestrong.

Kopi cegah batu empedu


Peneliti Harvard pada 2002 menemukan bahwa wanita yang meminum sedikitnya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari batu empedu. Sebuah studi sebelumnya menemukan hasil yang serupa untuk pria.


Kopi mengurangi tingkat depresi


Menurut laporan 2011 di
Archives of Internal Medicine, perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari adalah 15 persen lebih mungkin mengembangkan depresi dan mereka minum empat cangkir sehari, 20 persen lebih rendah.

Kopi tingkatkan memori


Kopi dapat membantu tingkatan memori jangka panjang dan jangka pendek. Dalam sebuah studi 2005 disajikan di Masyarakat Radiologi Amerika Utara, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek.


Kopi cegah risiko kanker payudara


Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, prostat endometrium, dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen, dan insulin. Sebuah studi 2008 di Swedia menemukan bahwa meminum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara.


Kopi tingkatkan metabolisme tubuh


Sebuah studi pada 2006 menegaskan bahwa kopi bermanfaat meningkatkan metabolisme dan berlangsung lebih lama pada wanita ramping. Baru-baru ini, peneliti menemukan bahwa biji kopi hijau diambil sebagai suplemen dapat meningkatkan berat badan, rata-rata 17 kilogram dalam orang dewasa selama periode 22 pekan. Para peneliti tidak berpikir itu adalah kafein, melainkan,
asam chlorogenic, yang dapat mengurangi penyerapan glukosa.

Kopi kurangi risiko parkinson


The Journal of American Medical Association
pada 2000 menemukan bahwa asupan kafein dapat mengurangi risiko menderita Parkinson. Sebuah studi 2010 menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi hingga 25 persen risiko terserang penyakit.
 
Antioksidan dalam kopi melebihi sayur & buah


Peneliti Edward Giovannucci dari Harvard, dalam riset yang dipublikasikan dalam
Epidemiologi Cancer, Biomarkers & Prevention mencatat bahwa kopi memiliki antioksidan lebih dari hampir semua jenis sayuran dan buah. Bahkan, sebuah studi 2005 menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan nomor satu.

Kopi tingkatkan stamina

 
Sebuah penelitian pada 2008 menyimpulkan bahwa manfaat dari kafein dapat membantu atlet tampil lebih baik selama latihan beban, bahkan ketika kurang tidur.


DIKUTIP DARI BERBAGAI SUMBER ONLINE...Trims