Kamis, 24 Mei 2012

Telur Bikin Perut Anda Awet Kenyang


Telur Bikin Perut Anda Awet Kenyang
Telur yang biasanya Anda Konsumsi saat sarapan bisa jadi solusi ampuh membuat rasa lapar pergi sampai jam makan siang. 

Tim peneliti di Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang mengonsumsi telur saat sarapan akan merasa kenyang sampai saat makan siang daripada hanya makan sereal di pagi hari.

Penelitian sebelumnya juga mengklaim bahwa telur bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama dibandingkan makanan lainnya. Karena itu telur diibaratkan sebagai ‘penekan nafsu makan alami’.

Tracy Parker, dari British Heart Foundation (BHF) mengatakan, “Temuan ini bisa membantu orang yang ingin  menurunkan berat badan, bisa juga membuat orang jadi tahan ngemil. Kualitas protein dalam makanan, dapat mempengaruhi bagaimana Anda bisa merasa kenyang”
Percobaan dilakukan dengan memberi menu sarapan telur dan sereal pada 20 orang (dengan kandungan jumlah kalori sama). Mereka yang makan telur merasa lebih kenyang dan jadi lebih sedikit porsi makan siangnya.

The European Congress on Obesity menyatakan bahwa sebenarnya makanan dalam ukuran dan jumlah kalori yang sama pastinya memiliki jumlah protein, karbohidrat dan lemak yang sama.

Namun, tes darah menunjukkan hasil yang berbeda dalam kadar hormon nafsu makan. Tingkat ghrelin (hormon yang terkait dengan rasa lapar) ternyata lebih rendah pada pemakan telur dan jumlah hormon yang membantu membuat kita merasa kenyang lebih tinggi.

Telur biasanya mengandung tingkat protein yang tinggi. Sereal sebenarnya mengandung jumlah protein yang sama seperti telur. Namun, tim peneliti Louisiana State University  menyatakan bahwa kualitas protein yang terkandung merupakan hal penting. Protein hewani umumnya lebih unggul daripada protein nabati.
SUMBER