Minggu, 26 Agustus 2012

5 Obat Batuk Alami Di Sekitar Kita



5 Obat Batuk Alami Di Sekitar Kita [ www.Up2Det.com ]

Sepertinya gangguan pernafasan ini ringan,namun sangat mengganggu. Saat diserang batukkita tidak bisa mengerjakanapa-apa walaupun nampaknya anggota tubuh yang lain tidak terganggu. Anda tidakmungkin melakukan presentasi di meeting sambil terbatuk-batuk, pun juga tidakbisa menulis dengan baik saat terguncang-guncang karena batuk. Parahnya lagi,seringkali batuk muncul di saat-saat yang tak terduga. Jika itu yang terjadi,temukan bahan-bahan alami yang mudah dijumpai di sekitar kita ini dan redakanbatuk Anda.

1. Kecap dan jeruk nipis



Peras jeruk nipis, ambil airnya sebanyakhampir 1 sendok makan. Tambahkan kecap manis dan telan sekaligus.

2. Susu hangat dan madu



Hangatkan susu, tambahkan madu ke dalamnya danminum segera untuk meredakan batuk. Madu dengan khasiat anti bakteri akan meredakanbatuk yang disebabkan oleh bakteri, sementara susu akan mengurangi reaksi batukyang dilakukan oleh paru-paru.

3. Minuman jahe hangat



Batuk juga bisa disebabkan karena udaradingin, sehingga minuman yang menghangatkan seperti wedang jahe akan membantumenenangkan paru-paru untuk tidak melakukan reaksi batuk. Memarkan jahe,masukkan dalam gelas dan tuangi dengan air panas. Tambahkan sedikit gula ataumadu jika ingin terasa lebih manis.

4. Madu



Seperti disebutkan di atas, madu memiliki zatanti bakteri yang bisa meredakan batuk Anda. Namun khasiat ini bisa didapatkanjika madu Anda murni, tidak dicampuri dengan pemanis atau gula. Caramengonsumsinya mudah saja, telan 1 sendok makan madu murni sekaligus.

5. Kencur



Kencur efektif menghilangkan dahak dan serak,serta meredakan batuk, karenanya kencur akrab dengan para penyanyi sejak zamandahulu kala. Saat ini telah banyak dijual olahan kencur kering, sehinggatinggal dikunyah saja dan dihisap sarinya saat batuk menyerang.