Kamis, 28 Maret 2013

ALBERT EINSTEIN



Albert Einstein adalah seorang ilmuwan ilmuwan fisika teoretis terhebat abad ke-20. Cendekiawan tak ada tandingannya sepanjang jaman. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi.
Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoritis".Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah. Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein.

Rumus Einstein yang paling terkenal adalah:


Albert Einstein dilahirkan di Ulm, Kerajaan Wuettemberg, Prusia Raya (sekarang Jerman) pada tanggal 14 Maret 1879. Beliau terlahir sebagai putra sulung dari pasangan Hermann Einstein dan Pauline Koch. Ayahnya berprofesi sebagai pedagang kasur bulu. Di waktu kecilnya Albert Einstein nampak terbelakang karena kemampuan bicaranya amat terlambat. Wataknya pendiam dan suka bermain seorang diri.

Pada saat sekolah di tingkat SD, Einstein sama sekali tidak menampakkan kecemerlangan otaknya. Ia tidak menyukai disiplin sekolah yang keras. Tak heran jika guru-guru menganggapnya pemalu, bodoh, malas belajar, dan pelanggar tata tertib. Ia juga tidak menyukai mata pelajaran hapalan seperti Sejarah, Geografi, dan Bahasa. Ia tidak suka menghafalkan fakta dan data. Minatnya hanya pada fisika dan matematika, terutama teori. Kegemaran utama Einstein adalah membaca, berpikir, dan belajar sendiri.

Karena hanya mau mempelajari fisika dan matematika, ia tamat SMP tanpa mendapat ijazah. Pada saat yang bersamaan, perusahaan ayahnya bangkrut. Terpaksa ia meninggalkan Jerman dan ikut orangtuanya ke Swiss. Dan di sana Einstein melanjutkan sekolah ke SMA dan berhasil lulus. Pada tahun 1894, Einstein pindah dari Munich ke Pavia, Italia (dekat kota Milan). Ketika akan melanjutkan ke perguruan tinggi, ia harus mengulang sampai dua kali. Dan akhirnya ia diterima di ETH (Eidgenoessische Technische Hochscule) di Zurich, Swiss.

Pada usia 21 tahun Einstein dinyatakan lulus. Setelah lulus, Einstein berusaha melamar pekerjaan sebagai asisten dosen, tetapi ditolak. Akhirnya Einstein mendapat pekerjaan sementara sebagai guru di SMA. Kemudian dia mendapat pekerjaan di kantor paten di kota Bern, Swiss. Selama masa itu Einstein tetap mengembangkan ilmu fisikanya.

Tahun 1905 adalah tahun penuh prestasi bagi Einstein, karena pada tahun ini ia menghasilkan karya-karya yang cemerlang. Pada tahun itu terbitlah empat tulisannya tentang teori relativitas dalam majalah sains Annalen der Physik. Tulisannya ini mengundang banyak kontroversi dan perdebatan di antara para ilmuwan ternama saat itu. Salah satu tulisannya tersebut diselesaikannya dalam lima minggu setelah mengendap dalam pikirannya sejak dia berusia 16 tahun. Hanya dalam beberapa tahun saja tulisan-tulisannya ini, terutama yang menyangkut relativitas, telah mengangkatnya menjadi salah seorang ilmuwan paling cemerlang di dunia.

Tahun 1909, Albert Einstein diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich. Ia menyelesaikan kedua teori relativitasnya pada tahun 1915. Selain itu Einstein juga mengembangkan teori kuantum dan teori medan menyatu. Meskipun Einstein teramat terkenal dengan "teori relativitas"-nya, keberhasilan karyanya di bidang ilmiah lain juga membuatnya tersohor selaku ilmuwan dalam setiap segi. Hal ini dibuktikan dengan diberikanya penghargaan Hadiah Nobel pada tahun 1921 di bidang ilmu fisika.

Akhirnya pada tanggal 18 April 1955, Albert Einstein meninggal dunia dengan meninggalkan karya besar yang telah mengubah sejarah dunia.

SUMBER