Minggu, 02 Desember 2012

Keajaiban dan Mukjizat Delima, Buah Surga




Tak cuma kurma atau buah tin. Buah delima adalah buah istimewa. Ada keajaiban dan mukjizat di baliknya. Delima adalah buah surga.


Delima, ia adalah buah yang disebutkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam kitab-Nya, dan Dia menjadikannya sebagai buah Surga. Dan ilmu pengetahuan modern telah datang untuk mengungkapkan kepada kita tentang beberapa rahasia yang ada pada buah yang luar biasa ini dan menjelaskan kepada kita manfaat-manfaatnya. 
 
Studi-studi (kajian) modern menjelaskan bahwa delima bermanfaat untuk banyak penyakit, dan di antara penelitian terbaru adalah apa yang diungkapkan oleh para ilmuwan Amerika dan Eropa tentang manfaat buah delima bagi wanita dan ibu hamil. Delima sangat kaya dengan antioksidan, dan kaya juga dengan vitamin-vitamin dan mineral-mineral yang mudah diserap. 
 
Para peneliti menegaskan bahwa mengkonsumsi delima, dengan kadar satu delima setiap hari selama sebulan misalnya, atau lebih akan bermanfaat untuk pengobatan anemia, arthritis (radang sendi) dan rematik, di samping manfaat-manfaat lain yang meluas ke jantung dan arteri, yang mana ia mengobati pengerasan pembuluh darah dan mencegah stroke dengan berbagai macam jenisnya. 
 
Di sana ada studi lain yang menegaskan bahwa delima melindungi seseorang dari penyakit kanker, dan ia adalah kebutuhan yang mendesak bagi balita, wanita menyusui, orang dewasa dan anak kecil. Dan mungkin dari sini kita mengetahui, kenapa Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan buah ini dalam kitab-Nya yang agung, Dia berfirman:
 
(فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ * فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ) [الرحمن: 68-69[ 
 
“Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan, dan (lebih khusus ada) kurma dan delima. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”(QS. Ar-Rahman: 68-69
 
Sesungguhnya manfaat-manfaat medis yang Allah simpan di dalam buah ini menunjukkan akan pentingnya buah ini, dan bukan berarti bahwa para penghuni Surga memerlukan untuk pengobatan!

Akan tetapi Allah Subhanahu wa Ta’ala memuliakan buah ini dan menjadikan di dalamnya obat bagi penghuni Dunia ini, dan menjadikan di dalamnya kelezatan dan kenikmatan bagi penghuni Akhirat (Surga). Wallahu A’lam. 



Khasiat Buah Delima Bagi Tubuh
Buah delima sebenarnya sudah terkenal memiliki banyak khasiat sejak dulu kala, sehingga buah yang diperkirakan berasal dari Iran ini kemudian berkembang pembudi dayaannya di Timur Tengah, Arab Saudi, Afghanistan, India hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia. 

Bahkan karena kemansyuran manfaatnya, buah delima berkembang pesat di tanah Prancis dengan sebutan pome garnete yang berarti apel berbiji karena sebuah delima mampu memiliki 800 biji didalamnya, yang selanjutnya di adaptasi oleh orang Amerika dengan sebutan pomegranate.
 
Di Indonesia sendiri, buah delima sudah termasuk jarang dikonsumsi masyarakat dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Bahkan tidak jarang masyarakat baru mengetahui manfaat buah delima dari sebuah iklan produk minuman adaptasi luar, hasil ekstraksi pomegranate yang tak lain dan tak bukan adalah buah delima itu sendiri.
 
Buah delima di Indonesia sebenarnya telah menjadi bagian dari budaya dengan memasukkan buah delima sebagai salah satu buah yang harus ada dalam perayaan 7 bulanan suku Jawa maupun saat Imlek bagi suku Cina Indonesia. Namun sayangnya pemahaman lebih lanjut mengenai khasiat dari buah delima masih belum dimanfaatkan secara optimal.
 
Selain dimakan langsung, buah delima juga dapat di minum sebagai jus untuk kesehatan mulut, tenggorokan, usus, tulang, kulit bahkan suara. Dengan memakan buah delima secara perlahan mampu menjernihkan suara serak dan menghindarkan kekeringan pada tenggorokan.
 
Selain kandungan vitamin A, C dan E, dan asam folik yang sudah terkenal manfaatnya.