Jumat, 08 Maret 2013
Jumat, 01 Maret 2013
7 Asteroid Unik
|
|
Pada awal Februari 2013 ini, masyarakat Bumi menjadikan asteroid
sebagai pembicaraan hangat. Ini karena makin mendekatnya asteroid 2012
DA14 yang diprediksi mendekati planet kita pada 15 Februari 2013.
Asteroid dengan lebar sekitar 45 meter ini akan mencapai kedekatan hingga 27.700 kilometer dari Bumi. Menjadikannya sebagai jarak asteroid terdekat yang pernah diketahui.
Tiap asteroid unik. Namun, ada tujuh asteroid yang mendapat cap "teraneh" di tata surya.
Asteroid dengan lebar sekitar 45 meter ini akan mencapai kedekatan hingga 27.700 kilometer dari Bumi. Menjadikannya sebagai jarak asteroid terdekat yang pernah diketahui.
Tiap asteroid unik. Namun, ada tujuh asteroid yang mendapat cap "teraneh" di tata surya.
1. Ceres
Ditemukan oleh Giuseppe Piazzi, 1 Januari 1801.
Sebagai asteroid terbesar, Ceres mendapat julukan "planet katai" (Dwarf Planet). Karena ukurannya pula, ia menjadi asteroid yang ditemukan pertama kali. Sebegitu besarnya Ceres, sehingga ia jadi satu-satunya asteroid yang memiliki gaya gravitasi untuk menarik diri sendiri ke dalam lingkaran suatu planet.
Sebagai asteroid terbesar, Ceres mendapat julukan "planet katai" (Dwarf Planet). Karena ukurannya pula, ia menjadi asteroid yang ditemukan pertama kali. Sebegitu besarnya Ceres, sehingga ia jadi satu-satunya asteroid yang memiliki gaya gravitasi untuk menarik diri sendiri ke dalam lingkaran suatu planet.
2. Baptistina
Disebut
juga sebagai induk dari asteroid pemusnah dinosaurus dan merupakan
salah satu anggota termuda di sabuk asteroid. Berdasarkan model
komputer, Baptistina dan kawanan asteroidnya terjadi sekitar 160 juta
tahun lalu. Tumbukan yang disebabkan Baptistina membuat ratusan objek
langit lainnya beradu dengan Bumi. Salah satunya jatuh ke planet ini
pada 65 juta tahun lalu dan memusnahkan dinosaurus.
Catatan: hipotesa ini ditentang oleh beberapa teori lain. Apakabardunia akan membahasnya lain kesempatan
3. Hektor, si Trojan terbesar
Asteroid
ini memiliki dimensi sekitar 200 kilometer dan memiliki bulan sendiri.
Ia merupakan bagian dari asteroid Trojan yang terikat dalam orbit planet
Jupiter.
4. Kleopatra
Asteroid ini berbentuk seperti tulang mainan anjing dan memiliki dua bulan yang dinamai Alexhelios dan Cleoselene.
5. Themis
Asteroid
ini diketahui sebagai satu-satunya yang memiliki es di permukaannya.
Selain es, pada tahun 2009, observasi menggunakan infra-merah memastikan
adanya karbon dan molekul. Karakter ini membuat Themis sebagai kandidat
kuat asteroid yang bisa menyokong kehidupan.
6. Toutatis
Benda
langit ini dinamai sesuai dengan nama dewa bangsa Celtic. Toutatis
masuk dalam karakter unik karena berotasi dengan acak, bahkan terkesan
terhuyung. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena Toutatis terdiri
dari dua bagian dan dipengaruhi gravitasi Bumi dan Jupiter. Jalur
rotasinya yang tidak pasti membuatnya sulit diprediksi.
7. Apophis
Ditemukan
pada 2004 dan diambil dari bahasa Yunani yang berarti "Dewa jahat mesir
untuk kegelapan". Sesuai namanya, asteroid ini sempat membuat kepanikan
di dunia astronomi pada tahun 2004. Apophis masuk dalam peringkat empat
dari sepuluh dalam skala Torino. Skala 10 jadi patokan tertinggi atas
risiko benda langit yang menumbuk Bumi dan dianggap sebagai kiamat.
Apophis diprediksi akan mendekati Bumi pada 13 April 2029 dengan jarak sekitar 30 ribu kilometer.
Apophis diprediksi akan mendekati Bumi pada 13 April 2029 dengan jarak sekitar 30 ribu kilometer.
BASO BAKAR
BAHAN:
500 gram daging kambing, cincang halus
4 sdm Kecap Manis Bongo
1 sdm minyak samin
1 butir telur
1 sdm tepung sagu
BUMBU HALUS:
10 butir bawang merah
4 siung bawag putih
1 sdt ketumbar sangrai
3/4 sdt jintan hitam, sangrai
1/2 sdt merica hitam, sangrai
11/2 sdt garam
1/2 sdt bumbu kari bubuk
SAUS:
75 ml Kecap Manis Bongo
1 sdt air jeruk nipis
5 buah bawang merah, iris
10 buah cabai rawit merah, iris
CARA MEMBUAT BASO BAKAR:
1.Campur daging kambing, 2 sendok makan Kecap Manis Bongo, minyak samin, telur, tepung sagu dan bumbu halus.
Proses dalam blender hingga menyatu.
2. Buat bulatan dari adonan daging, sisihkan.
3. Rebus bola daging hingga mengapung. Angkat.
4. Tusukkan bakso ke dalam tusuk sate, oleskan Kecap Manis Bongo.
Bakar bakso sambil dibalik-balik hingga matang.
5. Saus: campur dan aduk rata semua bahan. Sajikan bakso bakar panas dengan saus kecap.
Untuk ± 20 tusuk
TIPS :
Gunakan daginq kambing segar dan berlemak agar hash bakso lebih kenyal
sumber
Baso Tahu Goreng
Bahan :
- 200 gr daging cincang
- 4 buah tahu putih kecil, haluskan
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt lada hitam bubuk
- 2 sdt peterseli, cincang halus
- 1/2 sdt minyak wijen
- 1 butir putih telur
- 1 sdm tepung maizena
- Minyak goreng secukupnya
- 1 buah cabai merah, buang bijinya, iris serong
- Campur daging cincang dan tahu. Aduk rata
- Tambahkan garam, merica, peterseli, minyak wijen. Aduk rata. Biarkan 15 menit hingga bumbu meresap
- Aduk adonan daging bersama putih telur dan tepungmaizena, aduk rata
- Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan
- Goreng bulatan-bulatan daging dalam minyak panas dan banyak hingga kecoklatan dan matang. Angkat, tiriskan
- Sajikan dengan taburan cabai iris
Kamis, 28 Februari 2013
Asal Usul Miringnya Menara Pisa
Menara miring Pisa (dalam Bahasa Italia: Torre pendente di Pisa) atau
yang biasa disebut The Tower of Pisa (La Torre di Pisa) adalah sebuah
menara lonceng dari sebuah katedral di kota Pisa, Italia. Menara ini
terletak di belakang katedral dan merupakan struktur ketiga di Campo dei
Miracoli (keajaiban) Pisa.
Walaupun rencana semula dibangun secara vertikal, menara itu mulai miring ke arah tenggara segera setelah dilakukan konstruksi di tahun 1173, dikarenakan pondasi yang tak sempurna.
Tinggi dari menara tersebut adalah 55,86 km dari permukaan tanah di sisi terendah, dan 56,70 m di sisi yang tertinggi. Lebar alas bangunan itu adalah 4,09 m dan lebar puncaknya adalah 2,48 m. Berat menara ini diperkirakan 14,500 ton dan memiliki 294 anak tangga.
Konstruksi dari Menara Pisa dibangun dalam tiga tahap, yang memakan waktu sekitar 200 tahun. Konstruksi marmer putih di lantai pertama dimulai pada tanggal 9 Agustus 1173, pada masa kejayaan militer dan kemakmuran Italia. Lantai pertama ini dikelilingi oleh beberapa pilar dan walaupun posisinya miring, namun tetap tahan selama berabad-abad.
Ada kontroversi seputar identitas dari arsitek yang membangun Menara Miring Pisa. Selama bertahun-tahun, desain tersebut diyakini dibuat oleh Guglielmo dan Bonanno Pisano, artis lokal kenamaan di abad ke-12, yang terkenal dengan karya perunggunya, khususnya pada karyanya Pisa Duomo.
Bonanno Pisano meninggalkan Pisa di tahun 1185 dan pindah ke Monreale, Sicilia, namun kemudian kembali lagi dan meninggal di tanah kelahirannya itu. Makamnya ditemukan di dasar tower di tahun 1820.
Menara itu pertama kali miring setelah lantai ketiga dibangun di tahun 1178, dikarenakan amblasnya pondasi sedalam tiga meter, akibat pergerakan tanah. Ini berarti bahwa desain dari menara tersebut telah cacat sejak pada awalnya.
Konstruksi dihentikan sementara selama hampir seabad lamanya, karena para warga Pisa hampir terlibat peperangan dengan Genoa, Lucca dan Florence. Selama masa ‘istirahat’ ini, struktur tanah di bawahnya telah kembali stabil. Dan di tahun 1198, dipasang jam untuk sementara pada bangunan yang masih belum tuntas itu.
Di tahun 1272, bangunan itu dilanjutkan kembali oleh Giovanni di Simone, arsitek dari Camposanto. Lantai keempat dibangun untuk mengimbangi kemiringan dari menara ini. Pembangunan kembali dihentikan di tahun 1284, saat Pisa ditaklukan oleh Genoa dalam Pertempuran Meloria.
Pembangunan menara lonceng ini tak selesai terhenti hingga 1372. Setelah itu, Tommaso di Andrea Pisano berhasil menyelesaikan elemen-elemen Gothic dari menara tersebut, dengan memberikan sentuhan gaya Roma. Terdapat tujuh lonceng pada menara tersebut, yang masing-masing mewakili not pada nada. Lonceng yang terbesar dipasang pada tahun 1655.
sumber
Lihat Selengkapnya »»
Walaupun rencana semula dibangun secara vertikal, menara itu mulai miring ke arah tenggara segera setelah dilakukan konstruksi di tahun 1173, dikarenakan pondasi yang tak sempurna.
Tinggi dari menara tersebut adalah 55,86 km dari permukaan tanah di sisi terendah, dan 56,70 m di sisi yang tertinggi. Lebar alas bangunan itu adalah 4,09 m dan lebar puncaknya adalah 2,48 m. Berat menara ini diperkirakan 14,500 ton dan memiliki 294 anak tangga.
Konstruksi dari Menara Pisa dibangun dalam tiga tahap, yang memakan waktu sekitar 200 tahun. Konstruksi marmer putih di lantai pertama dimulai pada tanggal 9 Agustus 1173, pada masa kejayaan militer dan kemakmuran Italia. Lantai pertama ini dikelilingi oleh beberapa pilar dan walaupun posisinya miring, namun tetap tahan selama berabad-abad.
Ada kontroversi seputar identitas dari arsitek yang membangun Menara Miring Pisa. Selama bertahun-tahun, desain tersebut diyakini dibuat oleh Guglielmo dan Bonanno Pisano, artis lokal kenamaan di abad ke-12, yang terkenal dengan karya perunggunya, khususnya pada karyanya Pisa Duomo.
Bonanno Pisano meninggalkan Pisa di tahun 1185 dan pindah ke Monreale, Sicilia, namun kemudian kembali lagi dan meninggal di tanah kelahirannya itu. Makamnya ditemukan di dasar tower di tahun 1820.
Menara itu pertama kali miring setelah lantai ketiga dibangun di tahun 1178, dikarenakan amblasnya pondasi sedalam tiga meter, akibat pergerakan tanah. Ini berarti bahwa desain dari menara tersebut telah cacat sejak pada awalnya.
Konstruksi dihentikan sementara selama hampir seabad lamanya, karena para warga Pisa hampir terlibat peperangan dengan Genoa, Lucca dan Florence. Selama masa ‘istirahat’ ini, struktur tanah di bawahnya telah kembali stabil. Dan di tahun 1198, dipasang jam untuk sementara pada bangunan yang masih belum tuntas itu.
Di tahun 1272, bangunan itu dilanjutkan kembali oleh Giovanni di Simone, arsitek dari Camposanto. Lantai keempat dibangun untuk mengimbangi kemiringan dari menara ini. Pembangunan kembali dihentikan di tahun 1284, saat Pisa ditaklukan oleh Genoa dalam Pertempuran Meloria.
Pembangunan menara lonceng ini tak selesai terhenti hingga 1372. Setelah itu, Tommaso di Andrea Pisano berhasil menyelesaikan elemen-elemen Gothic dari menara tersebut, dengan memberikan sentuhan gaya Roma. Terdapat tujuh lonceng pada menara tersebut, yang masing-masing mewakili not pada nada. Lonceng yang terbesar dipasang pada tahun 1655.
sumber
Awal Mula Ditemukannya Kereta Api
Mungkin
sebagian besar adik-adik sudah ada yang pernah naik kereta api, atau
bahkan sering naik kereta api. Tapi, tahukah adik-adik awal mula sejarah
ditemukannya kereta api? Dan siapakah sebenarnya yang menemukan kereta
api? Yuks kita telusuri satu persatu…
Kereta
api ditemukan oleh seorang ilmuwan Inggris yang bernama Murdocks. Pada
mulanya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang hanya terdiri dari
satu rangkaian kereta. Kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih
dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari
besi dan dinamakan dengan trem. Kereta ini digunakan khususnya di
daerah-daerah pertambangan.
Awal mula terciptanya jalan rel bisa dikatakan bermula di Inggris pada tahun 1630, yaitu dengan adanya pengangkutan batu bara. Hasil penambangan batu bara semula diangkut dengan kereta yang ditarik kuda. Pada tahun 1804, Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta. Kemudian George Stephenson menyempurnakan lokomotif tersebut untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak. Akhirnya di tahun 1815, lokomotif uap temuan George Stephenson berjalan diatas jalur antar rel selebar 1,42m. Kemudian dia menambahkan 1,3 cm pada lebar jalur. Lebar inilah yang menjadi ukuran rel standar saat ini.
Di tahun 1888, Frank J. Sprague menyelesaikan jalur kereta api listrik yang pertama dengan panjang 19 km di Richmond, Virginia. Tetapi, lokomotif listriknya sendiri baru diperkenalkan pada tahun 1895. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Pada 1925 kereta bermesin diesel yang pertama berjalan.
Pada awal abad ke 19 kereta di atas rel mulai ditarik oleh kendaraan yang dijalankan dengan mesin (lokomotif) uap. Perkembangan sarana dan prasarana kereta api terus berjalan dari tahun ke tahun, misalnya kereta api super cepat, kereta api monorail (dengan satu rel), kereta api levitasi magnetik (maglev), kereta api pengangkut berat. Begitu pula perkembangan dalam teknologi penggeraknya, misalnya lokomotif diesel, diesel-listrik dan penggerak listrik. Teknologi persinyalan juga berkembang sehingga tidak hanya digunakan sinyal mekanis tetapi juga sinyal elektris.
Awal mula terciptanya jalan rel bisa dikatakan bermula di Inggris pada tahun 1630, yaitu dengan adanya pengangkutan batu bara. Hasil penambangan batu bara semula diangkut dengan kereta yang ditarik kuda. Pada tahun 1804, Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta. Kemudian George Stephenson menyempurnakan lokomotif tersebut untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak. Akhirnya di tahun 1815, lokomotif uap temuan George Stephenson berjalan diatas jalur antar rel selebar 1,42m. Kemudian dia menambahkan 1,3 cm pada lebar jalur. Lebar inilah yang menjadi ukuran rel standar saat ini.
Di tahun 1888, Frank J. Sprague menyelesaikan jalur kereta api listrik yang pertama dengan panjang 19 km di Richmond, Virginia. Tetapi, lokomotif listriknya sendiri baru diperkenalkan pada tahun 1895. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Pada 1925 kereta bermesin diesel yang pertama berjalan.
Pada awal abad ke 19 kereta di atas rel mulai ditarik oleh kendaraan yang dijalankan dengan mesin (lokomotif) uap. Perkembangan sarana dan prasarana kereta api terus berjalan dari tahun ke tahun, misalnya kereta api super cepat, kereta api monorail (dengan satu rel), kereta api levitasi magnetik (maglev), kereta api pengangkut berat. Begitu pula perkembangan dalam teknologi penggeraknya, misalnya lokomotif diesel, diesel-listrik dan penggerak listrik. Teknologi persinyalan juga berkembang sehingga tidak hanya digunakan sinyal mekanis tetapi juga sinyal elektris.
Langganan:
Postingan (Atom)