Jumat, 26 Oktober 2012

Cara Kerja Roket


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pernahkah kalian melihat roket yang meluncur ke angkasa luar? Roket itu biasanya membawa para astronot dan peralatan-peralatan penelitian ruang angkasa. Di ruang angkasa ini, orang atau benda-benda yang di dibawa roket itu tidak lagi ditarik oleh bumi. Para ahli mengatakan angkasa luar itu sebagai daerah ’tanpa bobot’. Bagaimana ya cara roket bisa terlempar jauh ’tinggi’ ke luar angkasa? Yuk kita simak penjelasan berikut ini..

Pada awal perkembangannya, roket digerakan dari hasil pembakaran bahan bakar minyak, gas dan oksigen cair. Setelah bahan bakar roket dinyalakan, pancaran gas yang keluar dari roket akan menimbulkan ledakan beruntun kebawah sehingga mendorong roket ke atas dan roket dapat melaju ke udara. Roket terbang dengan kecepatan supersonik, yaitu sekitar 300 m/s. Wah, cepat sekali yah... Prinsip kerja roket merupakan penerapan dari Hukum Newton III tentang gerak, dimana energi panas diubah menjadi energi gerak.

Bahan bakar roket ada dua jenis yaitu bahan bakar cair dan bahan bakar padat. Prinsip kerja dari roket berbahan bakar cair dan padat sama saja, di mana hasil pembakaran menghasilkan gaya dorong ke atas. Tetapi roket yang berbahan bakar padat mempunyai kelebihan yaitu mampu menyimpan bahan bakar dengan jumlah besar untuk ruang penyimpanan yang sama, karena bahan bakarnya telah dipadatkan. Sedangkan bahan bakar cair tidak bisa dimampatkan.

Oh iya, roket itu terdiri dari banyak komponen loh, diantaranya slongsong roket (yang terbuat dari logam tahan panas dan ringan), bahan bakar (propelan padat), GPS dan tentu saja komponen-komponen elektronika lainnya.

Waah…ternyata cara kerja roket cukup sederhana yah… Dan kalian juga bisa loh membuat roket sederhana di rumah. Contohnya dapat kalian lihat di menu percobaan pada web ini. Selamat mencoba…
Lihat Selengkapnya »»  

Kotak Hitam itu Apa Sih?


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pernahkah kalian mendengar atau melihat berita mengenai kecelakaan pesawat terbang? Saat kecelakaan pesawat terbang, selain para korban, ada sebuah benda yang selalu dicari. Benda tersebut bernama kotak hitam/black box. Sebenarnya, apa sih kotak hitam itu? Dan kenapa kotak kecil itu sangat penting untuk ditemukan ketika terjadi kecelakaan? Yuk kita cari tau.
Kotak hitam sebenarnya merupakan istilah umum untuk alat perekam pesawat komersial. Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan alat yang digunakan pada pesawat terbang untuk menyimpan semua data aktivitas selama penerbangan. Data tersebut dibutuhkan oleh para penyelidik dalam mengungkap penyebab sebuah kecelakaan penerbangan.

Awalnya alat pencatat kegiatan pesawat ini berupa alat pencatat putaran baling-baling yang diciptakan oleh pencipta pesawat terbang, yaitu Wright Bersaudara pada tahun 1900-an. Barulah 50 tahun kemudian kotak hitam pertama kali diciptakan oleh Dr David Warren asal Australia.

Dalam perkembangannya, kotak hitam ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu FDR (Flight Data Recorder) dan CVR (cockpit Voice Recorder). Flight Data Recorder (FDR) mencatat berbagai parameter yang terkait dengan operasi dan karakteristik penerbangan pesawat seperti percepatan, kecepatan, ketinggian, posisi kontrol kokpit, termometer, pengukur mesin, aliran bahan bakar, permukaan atur posisi, status autopilot, beralih posisi, dan berbagai parameter lainnya. Sedangkan Cockpit Voice Recorder (CVR) merekam suara awak pesawat, suara mesin, dan bunyi lainnya di kokpit.

 Baik FDR dan CVR, keduanya dapat merekam hingga 700 parameter penerbangan seperti waktu terbang, tekanan udara, ketinggian, kecepatan angin, keseimbangan horizontal, arah kompas, dan sebagainya. Juga dapat merekam pembicaraan pilot selama 25 jam terakhir. Data-data, FDR dan CVR disimpan pada Memory Boards yang terdapat pada Crash Survivability Memory Unit (CSMU) yang berlapis-lapis. Masing-masing lapisan terdiri dari aluminium tipis, silika, dan baja tahan karat atau juga titanium, yang amat kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi ekstrim.

Beberapa hal yang harus mampu ditahan oleh CSMU di antaranya, Crash Impact yang harus mampu menahan benturan sampai 3.400 G (gaya tarik bumi), Static Crush mampu menahan beban seberat 5.000 lb (2.500 kg) selama 5 menit pada semua sumbunya. Fire Test mampu bertahan pada suhu 2.0000 F (1.1000 derajat celcius) selama satu jam, mampu bertahan di kedalaman laut selama 30 hari, berbagai macam bahan kimia, dan sebagainya.

 Kotak hitam disimpan di bagian ekor pesawat, tempat yang diduga paling aman jika pesawat mengalami kecelakaan. Karena seringkali ekor pesawat lebih utuh kondisinya pada saat terjadi kecelakaan dibandingkan bagian depan, sehingga akan lebih melindungi keutuhan kotak hitam. Kotak hitam yang lebih modern memiliki kemampuan self-eject serta mudah dideteksi oleh SONAR atau RADAR.

Untuk memudahkan pencariannya, terutama pencarian di bawah air, kotak hitam dilengkapi pula dengan Underwater Locator Beacon yang kerjanya adalah ketika terguncang karena benturan, alat ini akan terus-menerus memancarkan perekam ultrasonik dan sinyal yang dapat mencapai permukaan dari kedalaman 14.000 ft. Sinyal inilah yang bisa ditangkap radar untuk menunjukkan lokasi pesawat. Namun kekuatan sinyal terbatas, biasanya sampai seminggu sebelum menghilang.

Saat kecelakaan terjadi dan kotak hitam ditemukan, maka kotak itu segera di kirim ke organisasi yang netral (bukan bagian dari perusahaan pesawat yang terkena musibah) untuk dilakukan "pembacaan" dan analisa. Untuk dapat dianalisis, data dan FDR dan CVR dibaca dengan menggunakan peralatan dan piranti lunak khusus. Pembacaan dan analisa yang mendalam membutuhkan waktu berminggu-minggu, bahkan lebih lama lagi.

Oh iya, walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam loh, melainkan berwarna jingga/oranye. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan. 

SUMBER
Lihat Selengkapnya »»  

Cara Kerja Mesin ATM


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing lagi dengan nama ATM (Automatic Teller Machine), apalagi bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini transaksi apapun dapat dilakukan melalui ATM, mulai dari penarikan tunai, transfer, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM. Nah,
tahukah kamu bagaimana cara kerja sebuah mesin ATM? Yuk kita baca penjelasan selanjutnya…

Apakah dalam bayanganmu didalam ATM itu ada orang yang duduk, dan kalau ada yang mau ambil uang dihitung dulu setelah itu dikeluarkan kemudian diberi bukti penarikan? Tentu saja tidak seperti itu. Sebenarnya komponen ATM itu terdiri dari kotak ATM, tombol angka, layer monitor dan kamera (optional), yang biasa nampak dari luar. Sedangkan didalamnya terdiri dari satu unit computer CPU, key board, modem, kota uang, printer kecil dan card reader.

Cara kerja mesin ATM sangat sederhana dan mudah. Jika kamu ingin bertransaksi menggunakan ATM, kamu hanya tinggal memasukkan kartu ATMmu ke dalam mesin. Setelah kartu ATM dimasukkan kedalam mesin, maka kartumu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin. Fungsi dari magnetic card reader adalah sebagai pembaca dan penerima data. Setelah data dibaca, lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi bank.

Saat mesin berhasil membaca data dalam kartu ATM mu, maka mesin akan meminta nomor PIN (Personal Identification Number). PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM melainkan kamu harus memasukkannya sendiri. Jadi jangan sampai lupa nomor PIN mu yah. Kemudian setelah kamu memasukkan PIN, maka data PIN tersebut akan diacak (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi di bank yang bersangkutan. Pengacakan data PIN ini dimaksudkan agar data-datamu tidak bisa terbaca oleh pihak lain.

Setelah data-datamu selesai diproses di sistem komputer bank, maka data-datamu akan dikirim kembali ke ATM. Dan kamu akan mendapatkan apa yang kamu minta di mesin ATM tersebut seperti uang tunai, cek saldo, transfer tunai, dan sebagainya.

Pada sebuah kartu ATM terdapat garis yang dinamakan Magnetic Chip. Magnetik Chip tersebut mempunyai fungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemilik kartu ATM. Magnetic Chip sangat sensitif dengan berbagai keadaan, contohnya apabila Magnetic Chip tergesek oleh sebuah benda maka Magnetic Chip tersebut akan kehilangan fungsinya.

Ada dua hal penting yang harus dijaga agar transaksimu di ATM aman, yaitu: Kartu ATM dan PIN. Kedua perangkat ini saling berhubungan erat, sehingga kamu harus selalu ingat nomer PIN mu dan menjaga agar kartu ATM mu tidak hilang. Oh iya, untuk menjaga keamanan, jangan pinjamkan Kartu ATMmu kepada orang lain untuk kepentingan apapun. Simpanlah Kartu ATMmu pada tempat-tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau orang lain. 

SUMBER
Lihat Selengkapnya »»  

Bagaimanakah Cara Kerja Mesin Scanner?



 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya bahwa cara kerja mesin scanner mirip dengan mesin fotokopi (masih ingat kan artikel tentang “scanner”?). Namun cara kerja mesin scanner tidak sama persis seperti mesin fotokopi. Sedangkan scanner akan menampilkan hasilnya di layar komputer dan kemudian dapat di simpan sebagai sebuah file digital. bagaimanakah sebenarnya cara kerja mesin scanner itu? yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Cara kerja scanner adalah sebagai berikut:
Ketika kalian meletakkan gambar/kertas diatas permukaan kaca scanner/pemindai dan menekan tombol mouse untuk memulai memindai yang terjadi adalah cahaya yang dipancarkan lampu scanner ke gambar akan segera dipantulkan, kemudian pantulan yang dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner. Cahaya pantulan tersebut akhirnya akan sampai ke sensor CCD (CCD merupakan komponen inti dari scanner yang fungsinya untuk menangkap gambar/tulisan).

Kemudian sensor CCD akan mengukur intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan mengubahnya menjadi tegangan listrik analog. Selanjutnya tegangan analog tersebut akan diubah menjadi nilai digital oleh ADC (Analog to Digital). Sinyal digital dari sensor CCD akan dikirim ke papan logik dan dikirimkan kembali ke komputer dalam bentuk data digital yang menunjukan warna pada titik-titik gambar yang dipantulkan. Gambar/tulisan yang telah terlihat di layar monitor komputer dapat disimpan ataupun diedit sesuai dengan kebutuhan.

SUMBER
Lihat Selengkapnya »»  

Mengapa Orang yang Ada di Dalam Mobil Tidak Tersambar Petir?



 










Ketika hujan datang, tak jarang disertai dengan kilatan-kilatan cahaya terang yang diikuti dengan suara bergemuruh yang sangat kencang. Kilatan cahaya yang merupakan fenomena alam tersebut dinamakan petir. Kalian pasti sudah pernah atau bahkan sering mendengar suara petir kan? Petir sering menyambar benda-benda yang tinggi seperti gedung pencakar langit, pohon, tiang listrik, dan benda-benda yang menjulang tinggi lainnya. Tetapi bukan berarti benda yang dekat dengan tanah akan terbebas dari sambaran petir loh. Lalu, apakah jika kita berada di dalam mobil maka kita bisa tersambar petir juga? Yuk kita cari tahu..

Petir menyukai menyentuh benda-benda yang bersifat konduktor (dapat menghantarkan listrik) seperti logam. Mobil terbungkus oleh bahan logam (campuran alumunium) yang merupakan konduktor yang sangat baik. Jika atap mobil tersambar petir, maka tidak akan terjadi apa-apa dengan orang yang berada di dalam mobil. Mengapa? Orang yang berada di dalam mobil terlindungi dengan baik karena tidak ada muatan listrik yang masuk mobil. Logam yang membungkus mobil itu memiliki sifat yang unik. Ketika logam diberi muatan listrik, maka muatan listrik akan segera tersebar dipermukaannya.

Petir merupakan aliran listrik, muatan listrik dari petir akan diterima oleh bahan logam yang membungkus mobil lalu disebarkan ke seluruh permukaan luar mobil dan akan berujung pada ban mobil. Seketika itu juga ban mobil akan menahan aliran listrik dari petir dan mengalirkan sisa aliran listrik tersebut ke tanah. Jika sambaran petir yang menyambar atap mobil sangat besar maka ban mobil akan meleleh bahkan meledak.

Oleh karena itu jika sedang hujan dan terjadi petir, carilah tempat aman untuk berlindung. Jangan berlindung di bawah pohon tetapi carilah tempat yang lebih aman seperti di dalam rumah/gedung atau di dalam mobil. Jika kalian berlindung di dalam mobil, tetaplah berada di dalam mobil dan duduklah di jok mobil tanpa menyentuh logam di dalam mobil. Karena jok mobil terbuat dari karet/kain yang merupakan isolator yang sempurna dan listrik tidak bisa melalui isolator. 
Lihat Selengkapnya »»  

Mengapa Kita Bisa Kesetrum?


 










Pernahkah kamu merasakan kesetrum? Kamu tahu kan kesetrum itu apa? Itu lho, tersengat arus listrik karena kamu menyentuh kabel beraliran listrik, atau colokan listrik di dinding. Kenapa ya, kita bisa kesetrum jika menyentuh alat-alat tersebut? Apakah yang menyebabkan kita bisa kesetrum? yuk, kita cari tahu…

Kesetrum dapat digambarkan sebagai akibat dari tegangan kejut pada listrik yang mengenai tubuh manusia. Listrik terdiri dari muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron). Muatan yang berlawanan saling tarik menarik dan muatan yang sama saling tolak menolak. Jika muatan lisrik yang saling tarik menarik dipisahkan, dapat menghasilkan energi potensial. Listrik mengalir dari energi potensial tinggi ke energi potensial rendah.

Nah, bumi/tanah memiliki energi potensial yang rendah. Sehingga jika kamu berdiri dan kakimu menyentuh bumi kemudian tanganmu memegang kabel yang berarus listrik, maka arus listrik tersebut akan melewati tubuhmu melalui otot atau rambut dan kemudian menuju bumi/tanah.

Dalam hal ini, tubuh manusia berperan sebagai konduktor (penghantar listrik yang baik) karena di dalam tubuh manusia banyak mengandung air. Sedangkan kertas, karet, kayu dan kaca merupakan isolator (penghantar listrik yang buruk). Karena tubuh manusia itu merupakan konduktor yang baik, oleh karena itu kamu harus berhati-hati karena kesetrum itu bisa berbahaya bagi tubuh kita. Bahaya dari kesetrum itu bermacam-macam mulai dari hanya sekedar kaget, kerusakan pada sistem jaringan tubuh hingga menyebabkan kematian. Semua itu tergantung dari besar kecilnya arus yang mengalir di tubuh kita.

Bagaimana caranya mencegah agar tidak kesetrum? Caranya mudah, kamu bisa memakai sandal jika akan memegang atau menghubungkan kabel ke stop kontak. Atau matikan dulu aliran listriknya jika kamu ingin memperbaiki alat-alat yang menggunakan listrik. Dan masih banyak lagi cara aman agar tidak kesetrum aliran listrik. Namun yang terpenting adalah, kamu harus selalu berhati-hati ya. Minta tolong pada orang tuamu atau orang dewasa jika ingin menyalakan aliran listrik.

SUMBER

Lihat Selengkapnya »»