Jumat, 26 Oktober 2012

Bagaimanakah Cara Kerja Mesin Diesel?

 











Tahukah kamu bahwa beberapa kendaraan yang ada di dunia ini menggunakan mesin diesel. Kendaraan-kendaraan yang menggunakan mesin diesel biasanya adalah kendaraan yang memerlukan tenaga yang besar seperti; kereta api, truk, bus, kapal laut, mobil penumpang, excavator, buldozer, dan masih banyak lagi. Nah, bagaimana sih cara kerja mesin diesel itu? Yuk kita cari tau.. 

Pada dasarnya prinsip kerja mesin diesel adalah merubah energi kimia menjadi energi mekanis. Energi kimia di dapatkan melalui proses pembakaran dari bahan bakar (solar) dan oksidiser (udara) di dalam silinder (ruang bakar). Pada mesin diesel, terdapat ruangan yang dirancang khusus agar di ruangan itu dapat terjadi peningkatan suhu hingga mencapai titik nyala yang sanggup membakar bahan bakar. Ruangan ini “dimampatkan” sehingga memiliki tekanan dan suhu yang cukup tinggi.

Cara kerja mesin diesel secara sederhana adalah sebagai berikut; bahan bakar (solar) yang sudah dicampur udara disemprotkan ke dalam ruangan yang sudah “dimampatkan” tersebut (ruang bakar). Suhu tinggi membakar bahan bakar yang telah disemprotkan sehingga mengakibatkan terjadinya penyalaan dalam ruang bakar dan menghasilkan ledakan yang mendorong piston dan kemudian akan menggerakkan poros-poros roda pada kendaraan ataupun mesin lainnya. Kekuatan untuk mendorong piston ini, sederhananya kita sebut dengan “tenaga”. Kejadian ini berulang-ulang dan tenaga yang muncul itu dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil, generator listrik, dan sebagainya.
Di Indonesia, mesin diesel kurang populer karena sebagian orang menganggap mesin ini mengeluarkan asap hitam yang pekat. Padahal sebenarnya, asap hitam pekat ini adalah akibat dari ulah si pemilik mobil yang memodifikasi knalpot di mobil dieselnya. Sedangkan di Eropa, mobil diesel sangat populer. Di Eropa, mesin diesel dipakai pada mobil penumpang, truk, bus, bahkan mobil sedan sekalipun. Di Eropa, para pemilik mobil tidak mengutak-atik mesin diesel pada mobilnya sehingga tidak mengeluarkan asap pekat dan tidak berisik malah justru ramah lingkungan dan perawatannya mudah.

Nah, secara sederhana begitulah cara kerja mesin diesel. Sekarang coba amati disekelilingmu. Adakah benda-benda atau kendaraan disekitarmu yang menggunakan mesin diesel? Coba kalian sebutkan satu per satu…
SUMBER