Sabtu, 21 Juli 2012

Ini Dia Jenis-jenis Telur yang Perlu Dikonsumsi Saat Puasa

img


Saat berpuasa, makanan kaya nutrisi sangat diperlukan agar tetap segar sepanjang hari. Telur merupakan sumber protein hewani yang sarat nutrisi. Tidak hanya jenis telur ayam ras dan ayam kampung, ada banyak jenis telur lain yang kaya nutrisi.


Menyajikan telur sangat praktis, karena itu telur paling sering dijadikan menu buka dan sahur. Di swalayan besar jenis telur dibedakan berdasarkan kandungan nutrisi didalamnya. Berikut jenis-jenis telur kaya nutrisi untuk penambah stamina saat puasa yang perlu dikonsumsi.




img
1. Telur Omega-3 
Ciri fisik telur ini berbeda dengan telur biasa. Saat dipecah warna kuning telurnya lebih merah, selaput luar dan kuning telurnya lebih tebal. Kandungan Omega-3 nya 15 kali lebih tinggi dari telur biasa. Dapat mencegah penyakit jantung dan mencerdaskan otak.




img
2. Telur Low-Cholesterol 
Telur rendah kolesterol ini terdapat pada kuning telur. Biasanya ayam yang menghasilkan telur ini diberikan makanan sumber protein nabati. Meskipun harganya sedikit mahal, namun telur ini sangat baik untuk kesehatan.




img
3. Telur Organik 
Telur organik berasal dari ayam yang diberikan pakan organik. Tidak mengandung antibiotik dan biasanya dibesarkan didalam kandang. Telur ini sudah banyak dijual diswalayan besar, biasanya dalam kemasan bertuliskan organic eggs.




img
4. Telur Organik Selenium 
Jenis telur organik yang satu ini juga mengandung selenium. Komponen enzim ini akan melindungi antioksidan dan menjaga metabolisme hormon tiroid. Telur organik plus selenium ini bisa dikonsumsi 1-2 butir telur setiap hari.




img
5. Telur Omega-6 
Kandungan Omega-6 pada telur ini lebih tinggi dibandingkan pada telur biasa. Omega-6 ini bermanfaat untuk pertumbuhan otak, menjaga kesehatan rambut, kuku dan kulit. Ada jenis ayam ras dan ayam kampung.