Senin, 02 April 2012

Lakukan Ini Agar Terhindar dari Kepungan Polusi Udara

Adelia Ratnadita - detikHealth

img
(foto: Thinkstock)
Polusi udara memang telah diketahui dapat merugikan kesehatan. Namun polusi udara seringkali tidak dapat atau sulit dihindari, karena banyak kegiatan yang harus dilakukan di luar ruangan.

Aktivitas fisik yang dapat menyehatkan, seperti olahraga pun juga sering dilakukan di luar ruangan. Lalu, kira-kira bagaimana cara untuk menghindari polusi udara?

Berikut 5 cara yang dapat dilakukan untuk menghindari polusi udara seperti dikutip dari WomensHealth, Senin (2/4/2012) antara lain:

1. Mulai melakukan aktivitas di pagi hari

Ozon umumnya terendah saat sekitar jam 6-10 pagi, dan meningkat sepanjang hari sebagai pembatas sinar matahari yang semakin terik karena hidrokarbon dari gas buang mobil, telah berubah menjadi asap.

2. Mengambil rute yang tidak padat kendaraan bermotor

Mengambil rute yang lebih sepi dan lebih sedikit kendaraan bermotor, setidaknya dapat menghindari polusi yang parah.

3. Menghindari tinggal berlama-lama di tempat yang sangat polusi

Dengan menjauhi atau menghindari tinggal berlama-lama di tempat-tempat yang sangat polusi dapat mengurangi paparan terhadap polusi udara. Jauhilah tempat-tempat, seperti tempat parkir mobil (basement).

4. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan

"Sebaiknya mendapatkan dosis harian dari makanan yang mengandung antioksidan seperti yang direkomendasikan, yaitu sekitar 75 mg vitamin C. Hal tersebut cukup penting untuk menagkal efek buruk dari polusi udara. dosis harian dari antioksidan terutama diperoleh melalui makanan, misalnya brokoli, bayam, jeruk dan tomat, dapat membantu paru-paru melawan polusi yang berhubungan dengan kerusakan," kata Thurston.

Vitamin C mengurangi radikal bebas, menurunkan produksi histamin inflamasi, dan membantu meningkatkan glutation. Glutation merupakan agen detoksifikasi yang membantu sel dalam menangani karsinogen dan logam berat seperti timbal dan merkuri.

5. Melakukan tes fungsi paru secara rutin

Pada pemeriksaan fisik tahunan, mintalah dokter untuk menilai fungsi paru-paru menggunakan spirometri. Tes tersebut dilakukan dengan meniup ke dalam alat ukur. Olahraga juga masih merupakan cara terbaik untuk menjaga paru-paru tetap dalam keadaan prima.