Senin, 02 April 2012

Kapan Orang yang Demam Perlu ke Dokter?

Adelia Ratnadita - detikHealth




img
(Foto: thinkstock)
Flu biasa yang seringkali menyebabkan demam dapat hilang dalam waktu seminggu atau dua minggu. Tapi jika gejala flu menetap atau memburuk, maka mungkin seseorang perlu ke dokter. Flu adalah infeksi virus yang sangat menular dari hidung dan tenggorokan.

Flu biasa disertai dengan gejala, antara lain hidung mampet, pilek, bersin, sakit tenggorokan, batuk, demam ringan dan sakit kepala. Semua gejala tersebut biasanya dapat hilang dalam waktu 14 hari, dengan atau tanpa pengobatan.

Jika demam atau flu berlangsung lebih lama dari 2 minggu atau kambuh lagi mungkin kondisi tersebut dapat merupakan alergi, sinusitis, atau infeksi sekunder lainnya.

"Demam adalah gejala yang cukup penting. Flu biasanya berhubungan dengan demam. Orang dewasa dengan demam 102 derajat F (39 derajat C) atau lebih tinggi dan anak-anak dengan demam 103 derajat F (39,5 derajat C) dan lebih tinggi, harus ke dokter," kata Dr Norman Edelman, kepala medis untuk American Lung Association.

"Jika bayi yang berusia kurang dari 3 bulan dan mengalami demam lebih dari 100 derajat F (37,8 derajat C) harus segera dibawa ke dokter," kata Dr Carlos Lerner, seorang dokter anak dari Mattel Children's Hospital di University of California, Los Angeles.

Flu dan demam dapat melemahkan daya tahan tubuh dan membuat rentan terhadap masalah kesehatan mulai dari infeksi telinga, infeksi sinus, radang tenggorokan, bronkitis dan pneumonia. Sakit kepala, demam dan nyeri sinus dapat menunjukkan infeksi sinus yang membutuhkan pengobatan.

"Jika memiliki gejala seperti sakit yang menusuk di dada, batuk dengan dahak berwarna, demam atau sesak napas mungkin dapat merupakan tanda pneumonia dan harus segera ke dokter. Jika gejala datang dengan cepat, maka harus segera mencari perawatan medis," kata Dr Ross mengatakan.

Kapan kira-kira orang yang mengalami gejala demam perlu ke dokter?

Berikut panduan dari American Academy of Family Physicians mengenai gejala demam dan flu yang perlu diperhatikan seperti dikutip dari EverydayHealth, Minggu (1/4/2012) antara lain:

Pada anak-anak:

1. Demam tinggi, atau demam yang berlangsung lebih dari 3 hari
2. Gejala yang berlangsung selama lebih dari 10 hari
3. Kesulitan bernapas, bernapas sangat cepat atau mengi
4. Warna kulit kebiruan
5. Sakit telinga
6. Perubahan kondisi mental, seperti lekas marah atau kejang
7. Gejala flu seperti membaik, tetapi kambuh dengan demam dan batuk yang lebih buruk
8. Memburuknya kondisi medis yang kronis, seperti diabetes atau penyakit jantung

Pada orang dewasa:

1. Demam tinggi berkepanjangan
2. Gejala yang berlangsung selama lebih dari 10 hari atau lebih buruk
3. Kesulitan bernapas atau sesak napas
4. Rasa sakit atau tekanan di dada
5. Pingsan atau perasaan seperti akan pingsan
6. Kebingungan atau disorientasi
7. Muntah parah atau berkelanjutan
8. Sakit parah di wajah atau dahi
9. Suara serak, sakit tenggorokan atau batuk yang tidak akan hilang setelah 10 hari.